Dewasa ini jasa ekspedisi pengiriman barang memegang peranan yang cukup penting dalam perekonomian sebagian masyarakat. Hal ini salah satunya adalah karena peralihan dari metode jual beli dari offline ke online. Di mana pada jual beli online transaksi bisa terjadi pada orang orang dengan tempat tinggal yang berjauhan sehingga dalam prosesnya memerlukan jasa pengiriman barang.
Dalam pelaksanaannya para pedagang online maupun mereka yang ingin mengirimkan barang menggunakan jasa ekspedisi tentunya lebih dahulu memilih jasa mana yang sesuai dengan kriteria mereka. Setidaknya sebelum memutuskan menggunakan sebuah jasa ekspedisi mereka akan mempertimbangkan beberapa faktor. Beberapa faktor utama yang seringkali jadi pertimbangan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
1. Reputasi
Hal pertama yang biasanya orang pertimbangkan sebelum memilih jasa ekspedisi pengiriman barang adalah soal reputasi dari layanan tersebut. Dalam masalah reputasi selain kita bisa melihat dari sejumlah testimoni yang ada kita juga bisa melihat umur layanan tersebut. Sebuah jasa ekspedisi yang sudah berumur cukup besar dan masih bertahan hingga kini tentunya menjadi salah satu gambaran bahwa jasa ekspedisi tersebut memiliki reputasi yang cukup bagus. Dan jasa ekspedisi yang telah berumur tentunya telah memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam bidangnya.
2. Profesionalitas
Selain masalah reputasi masalah profesionalitas dari jasa ekspedisi juga patut kita pertimbangkan. Keprofesionalan dari sebuah jasa ekspedisi ini bisa dilihat dari berbagai segi. Mulai dari aman tidaknya layanan mereka hingga tepat waktu atau tidaknya pengiriman barang yang mereka lakukan.
3. Harga
Faktor harga atau ongkos kirim mau tidak mau juga harus kita perhatikan. Hal ini karena besarnya ongkos kirim sedikit banyak akan mempengaruhi harga barang yang kita jual. Pilihlah jasa ekspedisi yang mematok tarif ongkir yang sesuai dengan kebutuhan kita.
4. Transparansi
Hal selanjutnya yang juga patut kita jadikan pertimbangan dalam memilih jasa ekspedisi adalah soal transparansi. Masalah transparansi ini salah contohnya misalnya jasa ekspedisi tersebut menyediakan fitur untuk mengecek berapa besarnya ongkir untuk suatau barang yang akan dikirimkan ke daerah tertentu dengan berat tertentu. Masalah transparansi juga termasuk adanya layanan dari jasa ekspedisi yang memungkinkan kita bisa melacak sampai dimana barang yang kita kirimkan. Di era teknologi seperti sekarang ini masalah transparansi cukup mudah untuk kita cek karena umumnya jasa ekspedisi sudah menyediakan website atau aplikasi untuk cek ongkir dan juga resi pengiriman.
Nah setelah kita mempertimbangkan hal hal tersebut maka kita bisa mulai menentukan akan menggunakan jasa ekspedisi yang mana untuk mengirimkan barang kita. Tentunya akan lebih baik jika jasa ekspedisi tersebut memenuhi keempat kriteria di atas.
Salah satu jasa ekspedisi yang bisa anda pergunakan karena memang memenuhi kriteria kriteria di atas adalah sentral cargo. Seperti yang diketahui sentral cargo merupakan sebuah jasa ekspedisi yang sudah ada sejak tahun 2004 yang lalu atau hingga kini sudah 16 taun beroperasi. Soal reputasi mereka juga cukup baik bahkan saat ini sudah menjadi gen cargo national resmi dari beberapa maskapai penerbangan besar domestik seperti Garuda Air, Citilink, Sriwijaya dan Lion Air. Selain itu melayani cargo atau ekspedisi lewat udara, sentral cargo juga melayani jasa ekspedisi lewat jalur darat dan laut.
Staff dan pegawai mereka juga termasuk profesional dan berpengalaman di bidangnya serta ditunjang dengan penggunaan teknologi yang serba komputerisasi menjadikan kinerja mereka tentunya menjadi lebih baik. Dan dengan adanya komputerisasi di sentral cargo tentunya memudahkan kita untuk mengecek ongkos kirim barang dari satu daerah ke daerah lainnya.